Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

3 Langkah Mudah Mengatasi Program Not Responding

  • Rabu, 25 April 2012
  • Febri Rizki
  • Anda sedang serius bekerja. Beberapa program Anda buka sekaligus. Namun tiba-tiba program tersebut berhenti mendadak. Tidak bisa merespon perintah apa pun. Program tersebut not responding. Anda bingung harus bagaimana. Ingin reboot komputer tapi rasanya akan butuh waktu lama. Repot. Harus menunggu dari awal. Apalagi jika komputer Anda lemot.
    Not-Responding 
    Demikiankah yang Anda alami? Saya pun mengalaminya. Terutama saat bekerja dengan banyak program sekaligus. Lalu apa yang harus dilakukan jika demikian?
    Sebenarnya Windows telah menyediakan fasilitas menghentikan program secara “paksa”. Tapi tentunya sesuatu yang dipaksakan itu akan ada efek negatifnya. Fasilitas ini pun memiliki efek negatif, yaitu Anda tidak bisa menyimpan pekerjaan Anda ketika program tersebut tertutup.
    Tidak seperti saat menutup program secara normal. Anda ditawarkan pilihan untuk save atau tidak. Fasilitas “paksa” ini akan langsung menutup program tersebut tanpa memberikan pilihan, tanpa menyimpan otomatis.
    OK. Setelah mengetahui efek negatifnya, sekarang inilah caranya.

    Windows Task Manager: End Process dan End Process Tree

    1. Akses Task Manager

    Untuk menghentikan program yang not responding, silakan akses Task Manager. Caranya adalah klik kanan pada taskbar Anda, lalu pilih task manager.
    Akses-Task-Manager

    2. Menentukan proses yang dijalankan program terkait

    Akan muncul jendela task manager. Pada tab application, klik kanan program yang ingin Anda hentikan. Pilih Go To Process.
    Kegunaan dari langkah ini adalah untuk mengetahui proses mana yang dijalankan program tersebut. Banyak orang yang langsung loncat ke langkah ketiga di bawah. Cara ini bisa saja dilakukan. Tapi jika Anda salah mematikan proses, maka ujung-ujungnya Windows Anda bisa error, dan harus direstart.

    Pilih-Go-To-Process

    3. Menghentikan proses tersebut

    Setelah Anda mengetahui proses yang terkait dengan program tersebut, hentikanlah proses tersebut. Klik kanan pada proses tersebut, lalu pilih End Process atau End Process Tree. Apa beda antara keduanya?

    Beda End Process dan End Process Tree

    End Process - ini digunakan untuk menghentikan satu proses saja dari sebuah program. Proses-proses lain yang terkait dengan program tersebut tidak akan dihentikan.
    End Process Tree - digunakan untuk menghentikan semua proses yang terkait dengan program tersebut.
    Contoh kondisi - Misalnya antivirus menjalankan proses antivirus, antispyware, antimalware. Suatu saat antivirus tersebut not responding. Maka jika Anda memilih End Process, yang akan berhenti hanyalah proses antivirus saja. Tapi jika Anda memilih End Process Tree, yang akan dihentikan adalah semua proses yang terkait dengan antivirus tersebut. Antispyware dan antimalware pun ikut dihentikan.

    Pilih-End-Process

    Kesimpulan

    Ketika suatu program berhenti mendadak, dan not responding, alangkah baiknya jangan cepat-cepat memutuskan restart komputer. Hal ini tentunya akan memerlukan waktu yang lebih lama.
    Gunakan saja fasilitas End Process/ End Process Tree ini. Setelah proses yang terkait dihentikan, program tertutup, silakan buka lagi program tersebut dan mulailah kembali bekerja. Dan jangan lupa juga untuk selalu menyimpan pekerjaan Anda dalam selang waktu tertentu. Saya biasa menyimpan pekerjaan saya setelah mengetik 1 – 3 paragraf.

    Technorati code verification: 659BSVE8A8RZ

    from : http://www.compatoz.com/3-langkah-mudah-mengatasi-program-not-responding/

    2 komentar:

    Unknown mengatakan...

    Makasi infonya gan.. sangat membantu karena hal ini sering terjadi...

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    Anonim mengatakan...

    All About Computer: 3 Langkah Mudah Mengatasi Program Not Responding >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    All About Computer: 3 Langkah Mudah Mengatasi Program Not Responding >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    All About Computer: 3 Langkah Mudah Mengatasi Program Not Responding >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    Posting Komentar